SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAGIAN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH KOTA SURAKARTA     Telepon (0271) 642020   Telex 625252   Fax. (0271) 644308     Email bagorska@yahoo.co.id
  • PELATIHAN PENGENALAN DAN PERANCANGAN ISO KELURAHAN KOTA SURAKARTA TAHUN 2019
PELATIHAN PENGENALAN DAN PERANCANGAN ISO KELURAHAN KOTA SURAKARTA TAHUN 2019

Rabu, 14 Agustus 2019  16:10

Bertempat di Restaurant Bistro Surakarta, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota menyelenggarakan Pelatihan Pengenalan dan Perancangan ISO terhadap 5 Kelurahan yang menjadi obyek pelaksanaan ISO Kelurahan Tahun 2019, yaitu Kelurahan Purwosari, Gandekan, gajahan, Jayengan dan Timuran pada hari Selasa, 13 Agustus 2019.

Disampaikan langsung oleh Direktur PT. KOKEK, Tan Johny Yulfian, selaku konsultan pendamping ISO Kelurahan tahun 2019, kegiatan ini fokus pada pengenalan dan perancangan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2015.  Dalam pemaparannya, PT. KOKEK mendorong setiap kelurahan selaku obyek ISO Kelurahan untuk mampu menetapkan isu eksternal dan internal yang revelan dengan tujuan strategis organisasi dengan menggunakan analisis SWOT. Selanjutnya, kelurahan diwajibkan untuk menentukan pihak-pihak yang revelan dengan sistem manajemen mutu serta persyaratan dari pihak berkepentingan tersebut.  Kebijakan mutu dari Lurah selaku pimpinan menjadi faktor penting dalam pengambilan kebijakan mutu yang sesuai dengan tujuan dan konteks organisasi, mampu memberikan kerangka kerja, menjaga komitmen dalam peningkatan berkelanjutan manajemen mutu. Hal penting dalam ISO 9001:2015 lainnya adalah adanya konsep risk management serta tindakan pencegahan munculnya resiko yang teridentifikasi.  

Penyampaian materi yang menarik dan lugas tersebut mampu membuka wacana tentang ISO bagi kelurahan dan kecamatan yang hadir sehingga memunculkan komitmen untuk memperbaiki standar pelayanan dan standar operasional prosedur yang telah ada serta mengidentifikasi kegiatan dan resiko yang muncul, khususnya dalam kegiatan di kelurahan.

Kegiatan pelatihan pengenalan dan perancangan ISO ditutup dengan komitmen untuk melakukan pertemuan internal terlebih dahulu guna memperbaiki dokumen-dokumen yang ada sebelum masuk ke kegiatan ISO yang lebih mendalam.