SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAGIAN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH KOTA SURAKARTA     Telepon (0271) 642020   Telex 625252   Fax. (0271) 644308     Email bagorska@yahoo.co.id
  • VERIFIKASI LAPANGAN TOP 20 KIPP JATENG 2019
VERIFIKASI LAPANGAN TOP 20 KIPP JATENG 2019

Rabu, 14 Agustus 2019  15:48

Hari Rabu, 7 Agustus 2019, Wakil Walikota Surakarta, Dr. Achmad Purnomo, menerima Tim Juri verifikasi lapangan TOP 20 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jawa Tengah di ruang rapat Walikota Surakarta. Tahun 2019 ini, Kota Surakarta berhasil menempatkan 2 inovasi masuk dalam TOP 20 KIPP Jateng 2019, yaitu BESUK KIAMAT dan SI SUPO/SI BAPAK ON. Di dampingi oleh Asisten Administrasi Umum, Kepala BPPKAD Kota Surakarta dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, Wakil Walikota Surakarta menyambut hangat tim juri dan mempersilahkan tim juri verifikasi untuk secara langsung membuktikan tentang kehandalan 2 inovasi tersebut dalam mempermudah dan mempercepat pelayanan masyarakat di Kota Surakarta. Wakil Walikota Surakarta juga menyampaikan komitmen pimpinan daerah untuk selalu mendukung munculnya inovasi-inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Surakarta.

Tim Juri Verifikasi Lapangan KIPP Jateng 2019 yang terdiri dari Ida Nor Layla, S. Ag dari Radar Semarang JAWA POS dan Yunita Dwi Prasetyanti dari KADIN Jawa Tengah serta pendamping dari Biro Organisasi Setda Jawa Tengah berterima kasih atas sambutan yang hangat dan komitmen Kepala Daerah Kota Surakarta terhadap inovasi pelayanan publik dan berharap dalam verifikasi lapangan terdapat kesesuaian antara proposal dan bukti lapangan terhadap 2 inovasi di Kota Surakarta.

Selanjutnya, Tim Juri Verifikasi Lapangan menuju ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatata Sipil Kota Surakarta, Yohanes Pramono, SH, M.Si, langsung memimpin timnya untuk mendampingi tim juri menelusuri setiap ruang dan melakukan wawancara dengan petugas yang mengurusi inovasi BESUK KIAMAT. Pemaparan dan sesi tanya jawab dilakukan di ruang rapat dengan menghadirkan stakeholders BESUK KIAMAT, yaitu dari Kelurahan. Mengingat keterbatasan waktu, maka kunjungan ke rumah warga untuk langsung menyaksikan inovasi ini tidak dapat dilakukan dan hanya melihat dari tayangan video yang disampaikan oleh Tim Dispendukcapil Kota Surakarta.

 

Pukul 10.00 WIB, Tim Juri verifikasi lapangan bergerak menuju ke kantor BPPKAD Kota Surakarta untuk meneruskan penilaiannya terhadap inovasi SI SUPO. Menghadirkan seluruh stakeholders SI SUPO, BPPKAD Kota Surakarta mempersilahkan tim juri untuk secara langsung melakukan wawancara dan tanya jawab berbagai hal yang berhubungan dengan inovasi SI SUPO tersebut. Kepala BPPKAD Kota Surakarta, Drs. Yosca Herman Soedradjad, MM, menyampaikan bahwa keistimewaan SI SUPO dibandingkan dengan inovasi sejenis di wilayah lain adalah SI SUPO memberikan pelayanan terhadap 9 jenis pajak dan sudah melibatkan lebih banyak perbankan, baik bank BUMN maupun swasta serta sudah memanfaatkan teknologi berbasis android sehingga mudah diakses oleh wajib pajak kapan dan dimanapun.