SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAGIAN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH KOTA SURAKARTA     Telepon (0271) 642020   Telex 625252   Fax. (0271) 644308     Email bagorska@yahoo.co.id
  • SELEKSI WAWANCARA KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK (KIPP) JAWA TENGAH TAHUN 2018
SELEKSI WAWANCARA KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK (KIPP) JAWA TENGAH TAHUN 2018

Selasa, 07 Agustus 2018  11:09

Rabu, 1 Agustus 2018, Tim Inovasi Kota Surakarta menjalani seleksi wawancara dan paparan di hadapan tim Juri Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Jawa Tengah Tahun 2018 untuk inovasi TAPE Pasar. Pemaparan TAPE Pasar dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Drs. SUBAGYO, MM didampingi Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Surakarta, Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Dinas Perdagangan Kota Surakarta dan Kasie Infrastruktur Diskominfo SP Kota Surakarta dihadapan Tim Penilai yang terdiri dari unsur akademisi, lembaga donor, lembaga pembinaan dan perlindungan konsumen (LP2K) Jawa Tengah, dan Staf Khusus Gubernur Jawa Tengah.

Presentasi TAPE Pasar diawali dengan pemutaran video selama+ 3 menit yang dilanjutkan dengan pemaparan power point yang menjelaskan tentang latar belakang, dasar hukum, manfaat, tujuan, keunikan, implementasi, dampak dan kerberlanjutan replika TAPE Pasar selama 7 menit. Kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab selama 20 menit. Pertanyaan Para juri terfokus pada dampak penerapan TAPE Pasar terhadap efisiensi anggaran serta pendapatan daerah, serta mekanisme Implementasi dan pemanfaatan TAPE Pasar di kalangan pedagang, khususnya terhadap pedagang oprokan yang muncul di saat-saat tertentu/musiman.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta menjelaskan secara tegas, lugas dan jelas bahwa Kota Surakarta adalah pionner e-retribusi pasar dan sudah direplikasi oleh beberapa Kab/Kota lain, efisiensi anggaran tercatat mencapai+ 42% serta adanya peningkatan PAD. Sehubungan dengan mekanisme implementasi sudah ada system dan petugas yang menanganinya serta semuanya sudah berjalan dengan baik dan terkontrol dimana sampai tahun 2018 sudah tercatat 14 pasar sudah menggunakan e-retribusi pasar. Terhadap pedagang oprokan sudah tertangani walaupun masih secara manual saat ini, tetapi kedepan sudah ada data dan akan ditingkatkan kepemanfaatan TAPE Pasar. Seleksi Wawancara KIPP Kota Surakarta diakhiri dengan sesi foto bersama tim juri. Hasil Penjurian untuk mendapatkan TOP 10 KIPP Jawa Tengah akan ditingkatkan ketingkat inspeksi kelapangan oleh Tim Juri untuk melakukan checking validitas antara data yang disampaikan dengan kondisi lapangan yang nyata. Jadwal Inspeksi akan diberitahukan lebih lanjut untuk Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Tengah.

Penulis – Ginger.2018